Teknologi

Apa Itu Cloud Computing dan Bagaimana Cara Kerjanya? 5/5 (2)

Cloud computing adalah sebuah sistem yang menyediakan layanan komputasi berbasis internet, seperti penyimpanan data, server, dan aplikasi, yang dapat diakses oleh pengguna dari mana saja yang terhubung dengan internet. Cloud computing telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir dan memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk mengelola informasi mereka secara efisien.

Cloud computing menggunakan sistem pembayaran berbasis penggunaan (pay-as-you-go), sehingga pengguna hanya perlu membayar untuk layanan yang sebenarnya mereka gunakan, bukan untuk perangkat keras atau perangkat lunak yang mungkin tidak sepenuhnya digunakan. Sehingga menghemat biaya, karena pengguna tidak perlu membeli perangkat keras atau perangkat lunak yang mahal, dan juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemeliharaan dan perawatan perangkat keras tersebut

Untuk mengakses layanan cloud computing, pengguna perlu membuat akun terlebih dahulu, kemudian mengikuti proses pendaftaran dan verifikasi yang diperlukan. Setelah memiliki akun, pengguna dapat mengakses layanan yang tersedia, seperti penyimpanan data, aplikasi, dan server, sesuai dengan kebutuhan mereka.

Cloud computing menggunakan sistem penyimpanan data yang disebut sebagai “data center”. Data center ini merupakan tempat yang menyimpan semua data dan aplikasi yang tersedia dalam cloud computing. Data center ini biasanya terletak di lokasi yang terpisah dari pengguna, dan dijaga oleh tim yang bertanggung jawab untuk mengelola dan memantau sistem cloud computing.

Pengguna dapat mengakses data dan aplikasi dari cloud computing melalui internet menggunakan protokol jaringan standar, seperti Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Pengguna dapat mengakses data dan aplikasi tersebut dari mana saja yang terhubung dengan internet, sehingga mereka dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja, asalkan terhubung dengan internet.

 

Beberapa provider hosting cloud computing di Indonesia antara lain:

 

1. Telkom Indonesia

TelkomCloud merupakan salah satu provider hosting cloud computing yang terbesar di Indonesia. TelkomCloud menyediakan layanan cloud computing yang terdiri dari beberapa pilihan, seperti Cloud Compute, Cloud Storage, dan Cloud Backup.

 

2. XL Axiata Tbk

XL Cloud merupakan salah satu provider hosting cloud computing yang ditawarkan oleh PT. XL Axiata Tbk. XL Cloud menyediakan layanan cloud computing yang terdiri dari beberapa pilihan, seperti Cloud Compute, Cloud Storage, dan Cloud Backup.

 

3. Indosat Ooredoo Tbk

Indosat Ooredoo Cloud merupakan salah satu provider hosting cloud computing yang ditawarkan oleh PT. Indosat Ooredoo Tbk. Indosat Ooredoo Cloud menyediakan layanan cloud computing yang terdiri dari beberapa pilihan, seperti Cloud Compute, Cloud Storage, dan Cloud Backup.

 

3. Google Indonesia

Google Cloud merupakan salah satu provider hosting cloud computing terbesar di dunia yang juga hadir di Indonesia. Google Cloud menyediakan layanan cloud computing yang terdiri dari beberapa pilihan, seperti Cloud Compute, Cloud Storage, dan Cloud Backup.

 

4. Amazon Web Services Indonesia

Amazon Web Services (AWS) merupakan salah satu provider hosting cloud computing terbesar di dunia yang juga hadir di Indonesia. AWS menyediakan layanan cloud computing yang terdiri dari beberapa pilihan, seperti Cloud Compute, Cloud Storage, dan Cloud Backup.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *