BeritaTeknologiTutorial

Cara Membersihkan RAM HP Android Agar Tidak Lemot! No ratings yet.

Cara membersihkan RAM HP banyak dilakukan oleh pengguna smartphone Android yang mengalami masalah seperti HP lemot. RAM yang penuh memang mempengaruhi kinerja pada smartphone. Sehingga, pengguna harus membersihkan RAM tersebut hingga menjadi lebih lapang penyimpanannya.

Seiring dengan kemajuan teknologi, smartphone hadir dengan membawa RAM yang lebih besar. Meski demikian, masalah RAM penuh pastinya selalu ada seiring dengan berjalannya pemakaian. Pada saat RAM bekerja terlalu berat, kinerja HP akan menjadi lemot.

Simak Cara Membersihkan RAM HP!

Nah, agar aktivitas penggunaan smartphone Anda tidak terhambat, maka sebaiknya Anda membersihkan RAM HP, sehingga performa HP tetap bagus dan terjaga.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan RAM  pada Android Anda yaitu sebagai berikut ini!

Periksa Pemakaian Memori dan Hapus yang Tidak Diperlukan

Cara pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membersihkan RAM yaitu dengan mengetahui kapasitas memori RAM HP yang tersedia dan yang sudah digunakan.

Cobalah untuk klik Android Settings – Memory. Lalu, Anda bisa mengetahui jumlah memori yang Anda gunakan dengan klik “Memory used by apps”.

Nah, pengguna nantinya bisa mempertimbangkan menghapus aplikasi yang memakan banyak memori. Atau bisa juga dengan memaksa berhenti aplikasi tersebut agar tidak memakan banyak memori..

Hapus Cache

Aplikasi pada HP Android pada umumnya akan disimpan dalam cache. Chace yang terlalu banyak juga akan memakan memori smartphone Anda. Maka dari itu, penting Anda membersihkan RAM dengan cara menghapus data cache.

Untuk menghapusnya, Anda bisa memilih satu aplikasi yang Anda inginkan. Setelah itu, klik penyimpanan, lalu hapus cache.

Jika Anda ingin menghapus data dari keseluruhan aplikasi, maka Anda bisa klik pengaturan, penyimpanan, dan juga bisa menghapus data yang tersimpan dalam cache.

Gunakan MicroSD

Hp Android pada umumnya sudah didesain memiliki tepat untuk Micro SD sebagai penyimpanan ekstra diluar memori ponsel. Pengguna smartphone bisa memanfaatkannya untuk menyimpan aplikasi yang memerlukan banyak memori.

Anda bisa memindahkan file-file yang berukuran besar dan memakan banyak ruang ke MicroSD ini. Sehingga RA HP Anda bisa menjadi lebih lapang dan HP tidak lagi lemot.

Cara membersihkan RAM HP ini bisa Anda terapkan secara berkala supaya kinerja smartphone bisa tetap lancar. Pengguna juga bisa mengoperasikannya dengan lebih nyaman.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *