TeknologiTutorial

Penyebab Laptop Cepat Rusak, Jangan Lakukan Kebiasaan Buruk Ini! No ratings yet.

Penyebab laptop cepat rusak sangatlah beragam. Beberapa diantaranya karena kebiasaan buruk. Untuk mengetahui apa saja penyebabnya, Anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Ragam Penyebab Laptop Cepat Rusak

Laptop bisa awet digunakan dalam jangka panjang apabila Anda mampu memberikan perawatan secara tepat. Begitu pula sebaliknya. Laptop akan mudah rusak jika Anda mengabaikannya. Beberapa hal ini pun juga bisa menyebabkan laptop sudah rusak.

Menaruh Laptop di Pangkuan

Pernahkah Anda memangku laptop? Jika iya, pastikan untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini karena menempatkan laptop di pangkuan bisa menghambat aliran udara yang ada di bawah laptop. Akibatnya, udara panas jadi terperangkap di dalam laptop.

Karena sirkulasinya tertutup, maka laptop bisa mengalami overheat. Apabila kebiasaan ini tetap terus dilakukan setiap saat, lama-lama akan merambat ke semua komponen laptop. Jangan heran jika laptop cepat aus.

Charger Laptop Meski Masih Dayanya

Sebagai bentuk antisipasi, tak sedikit pengguna yang langsung mencolokkan laptop ke charger meski daya baterainya masih mencukupi. Padahal kebiasaan buruk tersebut bisa jadi salah satu penyebab laptop cepat rusak. Alangkah baiknya Anda tidak mengisi daya laptop ketika baterainya masih di atas 30%.

Disamping itu, hindari pula mengisi daya baterai ketika kosong. Kebiasaan ini bisa menurunkan kualitas baterai. Jika Anda masih terus melakukan kebiasaan buruk ini, mau tak mau harus siap mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli baterai baru ketika laptop rusak.

Sembarangan Dalam Menutup Layar

Pastikan Anda tidak menutup layar secara asal. Sebelum menutup layar, Anda harus mematikan laptop terlebih dahulu. Baik itu dengan hibernate ataupun shut down.

Ketika layar sudah mati, baru Anda bisa menutupnya. Meski dengan alasan terburu-buru, Anda jangan menutup layar secara sembarangan. Jangan sampai Anda keluar biaya tinggi karena harus mengganti bagian LCD.

Review di atas menunjukkan berbagai penyebab laptop cepat rusak. Dengan mengetahuinya, Anda bisa menghindari berbagai hal yang menyebabkan kerusakan laptop. Alhasil, laptop yang Anda miliki bisa memiliki usia pakai yang lebih lama dengan fungsi tetap optimal sehingga hemat budget

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *