Teknologi

Windows 11 Meningkatkan Persyaratan, PC Lama Kini Ditinggalkan No ratings yet.

Sejak pertama kali diluncurkan, Windows 11 memang telah menetapkan persyaratan perangkat keras yang lebih tinggi daripada Windows 10.

Meskipun demikian, sebagian besar PC 64-bit yang dapat menjalankan Windows 10 pada umumnya juga mampu menjalankan Windows 11, termasuk PC dengan prosesor Intel Core 2 Duo yang berasal dari era Windows XP. Namun, tampaknya Microsoft telah mengubahnya dengan update 24H2 untuk Windows 11, yang mulai diuji coba sejak awal bulan Februari ini. Menurut postingan pengguna bernama Bob Pony, pembaruan terbaru Windows 11 tidak lagi kompatibel dengan PC yang menggunakan prosesor kuno.

Prosesor kuno yang dimaksud adalah yang tidak mendukung instruksi “POPCNT” (population count). Instruksi ini berfungsi untuk menghitung jumlah bit dalam bahasa sistem. Meskipun belum jelas mengapa instruksi POPCNT ini menjadi persyaratan CPU untuk menjalankan sistem operasi, yang pasti berbagai aspek di Windows 11, seperti kernel, sistem USB, driver jaringan, dan berbagai sistem inti lainnya pada Windows 11 24H2 membutuhkan instruksi tersebut.

POPCNT diimplementasikan sebagai bagian dari instruksi SSE4 di berbagai prosesor x86 modern. Khusus untuk prosesor Intel, instruksi ini terdapat di SSE4.2 yang pertama kali muncul dalam arsitektur Intel Core generasi pertama dengan kode Nehalem. Sementara pada prosesor AMD, POPCNT terdapat pada SSE4a yang pertama kali muncul dalam prosesor seri Phenom, Athlon, dan Sempron yang menggunakan arsitektur K10. Nehalem dan K10 muncul pertama kali pada tahun 2008 dan 2007.

Artinya, prosesor yang dirilis sebelum itu tidak lagi dapat menjalankan Windows 11, seperti Intel Core 2 Duo dan AMD Athlon 64 versi awal. Meskipun demikian, PC yang menggunakan prosesor tersebut masih bisa menjalankan Windows 11 hingga saat ini. Namun demikian, bahkan jika pengguna meningkatkan kapasitas RAM hingga 8GB atau mengganti hard disk lama dengan SSD, PC dengan kedua jenis prosesor tersebut tetap tidak dapat menjalankan Windows 11 atau aplikasi modern saat ini.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *